Bill Smith the Father of Six Sigma

- - Six Sigma

Bill Smith atau yang dikenal dengan Bapak Six Sigma ini lahir pada tahun 1929 di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Jika Anda mengenal fotografer ternama, Jamie Lynn Smith, ia adalah cucu dari Bill Smith. Beliau merupakan lulusan dari U.S. Naval Academy angkatan 1952 dan kemudian melanjutkan studinya di University of Minnesota School of Management atau yang sekarang lebih dikenal dengan Carlson School of Management. Pada tahun 1987, Bill Smith bergabung dengan perusahaan Motorola setelah 35 tahun berkiprah di dunia engineering dan quality assurance. Peran beliau saat itu cukup penting bagi perusahaan Motorola sendiri yaitu sebagai vice president and senior quality assurance manager untuk Land Mobile Products Sector.

Bill Smith menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk meyakinkan management tertinggi dari perusahaan Motorola tentang suatu quality control process yang dicetuskan oleh beliau yaitu Six Sigma. Six Sigma telah menghasilkan keuntungan senilai milyaran dolar Amerika untuk perusahaan Motorola. Sebagai salah satu karyawan perusahaan Motorola, Bill Smith tidak berbagi keuntungan yang diperoleh dari aplikasi Six Sigma secara langsung . Walaupun begitu, selama beberapa tahun ini, beliau dan perusahaan Motorola telah mengumpulkan banyak penghargaan dan pengakuan atas kinerja vital beliau untuk meningkatkan keuntungan di sector manufaktur negara Amerika. Bill Smith merasa sangat bangga khususnya atas peranan pribadinya dalam membawa perusahaan Motorola memenangkan Malcolm Baldridge National Quality Award yang sangat prestisius. The Baldridge Award diadakan pada tahun 1998, tepat dua tahun lamanya setelah perusahaan Motorola mengimplementasikan prinsip Six Sigma milik Bill Smith.

Sayangnya, peranan Bill Smith untuk perusahaan Motorola harus terhenti di usianya yang ke 64. Pada tahun 1993, Bill Smith meninggal karena serangan jantung yang terjadi di cafeteria perusahaan tempat ia bekerja yaitu Motorola.

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>