Data Tidak Normal dalam Six Sigma

Dear Expert, dalam implementasi control chart di pabrik kami, kami sering menemukan data yang tidak normal. Apa yang sebaiknya kami lakukan?

Saat melihat data anda tidak normal, sebenarnya ada dua kemungkinannya:

Secara natural, memang proses anda datanya tidak normal.

Bagaimana anda bisa tahu? Anda bisa cek data historical populasi proses Anda dan melakukan tes normalitas (normality test). Jika tidak normal maka kemungkinan besar memang proses anda tidak normal.

Jika ini yang terjadi, anda dapat melakukan control chart yang normal dengan melakukan transformasi data misalnya dengan transformasi box-cox dan transformasi Johnson. Data yang telah ditransformasi biasanya sudah berbentuk normal, dan dapat diplot menggunakan control chart yang umum digunakan (ImR, X bar –R, X bar – S). Contoh data populasi yang tidak normal biasanya ada di data gaji pegawai di sebuah perusahaan, data-data accelerated testing di dunia elektrik, dll.

Cara yang kedua adalah, perbesar sampel anda dan gunakan X bar-S (sampel lebih dari 10 bahkan lebih lagi – catatan: lakukan ini jika data dapat diperoleh dengan mudah, murah dan cepat). Teknik ini juga akan otomatis menormalkan data (untuk lebih detil, coba pelajari Central Limit Theorem)

Secara natural, proses anda datanya normal, namun ada assignable cause atau faktor penyebab luar yang masuk mengganggu proses anda sehingga proses anda menjadi tidak normal.

Jika ini yang terjadi, maka, di dalam control chart anda akan banyak titik titik out of control (liat 8 sympthoms of out of control).

Kemungkinan pertama adalah: ada penyebab khusus (assignable cause) yang masuk ke proses Anda, dan tugas andalah untuk mencarinya. Coba cek apakah SOP diikuti, apakah terjadi perubahan material, apakah tooling yang digunakan sudah tepat, apakah spare part tertentu sudah rusak (mesin), ? Dan sebagainya (lihat dari berbagai faktor manusia, material, lingkungan, pengukuran, metode, dan mesin).

Kemungkinan kedua adalah: sampel anda kurang. Coba tambah sampel anda dan gunakan X bar –S (lihat cara kedua di poin nomor 1).

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *