Defects Per Million Opportunities (DPMO)

Defects Per Million Opportunities (DPMO) termasuk salah satu pengukuran dari process performance selain Cpk, PPM, Ppk, dan COPQ. DPMO adalah sebuah metodi pengukuran performansi proses yang sering digunakan dalam penerapan Six Sigma. Di dalam konteks usaha untuk melakukan improvement pada suatu proses, DPMO adalah suatu pengukuran performansi dari suatu proses yang dihitung dengan rumus berikut ini :

Maksud dari deffect ini sendiri adalah ketidaksesusaian dari kualitas suatu karakteristik terhadap spesifikasinya. Satuan DPMO dinyatakan dalam kesempatan per satu juta unit untuk lebih meyakinkan.

Mungkin bisa dibilang menganalisis dan menentukan peluang spesifik dari defects adalah suatu seni, namun pada umumnya suatu organisasi mempertimbangkan peluang per unit dari beberapa hal yaitu :

  • Pengetahuan umum dari proses melalui pembelajaran
  • Standard industri
  • Pengetahuan terhadap hal-hal lain yang berhubungan dengan defect
  • Waktu, usaha, dan cost untuk menghitung dan mengkategorikan defect

Menerapkan DPMO

  1. Menentukan jumlah peluang atau kesempatan terjadinya defect yang terdapat di dalam satu unit. Untuk melakukan hal ini Anda perlu menghitung semua hal yang dapat menyebabkan kesalahan terhadap produk yang juga cukup penting untuk customer Anda. Setelah Anda membuat daftar tentang semua defect yang memungkinkan di dalam produk atau service Anda, hitunglah jumlah mereka dan Anda akan mengetahui seberapa besar jumlah peluang per unitnya.
  2. Lalu Anda perlu mengambil sampel dari beberapa data untuk menentukan jumlah total dari defect yang diproduksi oleh proses. DPMO akan lebih reliable dengan sampel yang lebih banyak. Untuk setiap unit yang Anda periksa, hitunglah jumlah defects yang ditemukan.
  3. Setelah data didapat barulah Anda dapat mengkalkulasi DPMO dengan rumus di atas.

 

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *