Implementasi Six Sigma

- - Six Sigma

Satu kunci dari inovasi Six Sigma mencakup profesionalitas dari quality management function. Sebelum kemunculan Six Sigma, quality management pada penerapannya terdegradasi secara besar-besaran ke arah produksi dan ahli statistic dalam quality department yang terpisah. Program Six Sigma yang resmi mengadaptasikan terminologi ranking (mirip seperti beberapa sistem bela diri) untuk menentukan hierarki (dan jalur karir) yang melibatkan semua lini bisnis.

Six Sigma mengidentifikasikan beberapa peranan untuk mencapai implementasi yang sukses.

  • Executive Leadership, melibatkan CEO dan anggota lain dari managemen tingkat atas. Mereka bertanggung jawab untuk mengatur visi dari implementasi Six Sigma. Mereka juga memberdayakan pemegang peranan lain dengan kebebasan dan sumber daya untuk mengeksplorasi ide-ide baru agar improvement tercipta secara menyeluruh
  • Champions, bertanggung jawab atas implementasi Six Sigma di seluruh organisasi dengan cara yang terintegrasi. Executive Leadership memberikan gambaran kepada champions dari atas manajemen. Champions juga berperan sebagai mentor dari Black Belts.
  • Master Black Belts, diidentifikasi oleh champions, berperan sebagai pelatih in-house di Six Sigma. Mereka menyediakan 100% waktunya untuk Six Sigma. Mereka membantu champions dan membimbing Black Belts serta Green Belts. Disamping tugas yang terkait dengan statistik, mereka menghabiskan waktu mereka untuk memastikan aplikasi yang konsisten dari Six Sigma secara menyeluruh di berbagai function dan departemen.
  • Black Belts,  bekerja di bawah Master Black Belts untuk mengaplikasikan metodologi Six Sigma pada proyek spesifik.
  • Green Belts, karyawan yang melakukan implementasi Six Sigma di seluruh tugas yang berada dalam tanggung jawab mereka.

Beberapa organisasi menggunakan tambahan warna belts seperti Yellow Belts untuk karyawan yang memiliki basic training dalam tools Six Sigma dan berpartisipasi secara umum dalam proyek. Terdapat juga White Belts untuk mereka yang dilatih secara local tentang konsep namun tidak berpartisipasi dalam tim proyek.

 

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *