Lean Six Sigma – Integrasi Lean dan Six Sigma

Salah satu pertanyaan yang paling sering ditanyakan adalah mana yang duluan, Lean ataukah Six Sigma? Kita tidak perlu memilih salah satu karena keduanya sebenarnya dapat dijalankan bersamaan. Tentu saja jika menjalankannya secara terpisah hanya akan membuat konsentrasi dan sumber daya terpecah yang akhirnya malah membuat implementasi dari Lean maupun Six Sigma tidak memberi hasil sesuai harapan. Integrasi berbeda dengan menjalankan 2 hal sekaligus. Integrasi adalah menjalankan Lean dan Six Sigma dalam satu framework yang disebut Lean Six Sigma.

Integrasi antara Lean dan Six Sigma akan memberi banyak manfaat, diantaranya:

  • Kombinasi 2 metode yang sudah terbukti; Lean tools dan Six Sigma dalam sebuah implementation framework
  • Metodologi dan bahasa yang umum yang dikenal oleh organisasi global (multi bahasa)
  • Terminologi yang umum akan mempermudah replikasi yang cepat dari sebuah best practice ke seluruh lokasi dari sebuah organisasi
  • Membuat single framework untuk memecahkan masalah di proses di berbagai area dalam organisasi (misalnya Sales, Marketing, Customer Services, IT, Manufacturing dapat berinteraksi dalam memecahkan sebuah persoalan)
  • Tidak terpecahnya fokus dan sumber daya dalam mendapatkan manfaat dari keduanya.

 

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *