Pareto Chart

- - Control

Pareto Chart adalah salah satu jenis chart yang terdiri dari grafik balok dan juga garis. Penamaannya sendiri diambil dari nama orang yang menemukannya yaitu Vilfredo Pareto. Pada chart ini, value individu direpresentasikan oleh balok dalam urutan yang menurun dan jumlah total kumulatif direpresentasikan oleh garis.

Sumbu vertical yang ada di sebelah kiri adalah frecuency of occurrence, tetapi hal ini dapat merepresentasikan cost atau unit pengukuran lainnya yang cukup penting. Sedangkan sumbu vertical yang terdapat pada sebelah kanan adalah persentase kumulatif dari jumlah total occurrences, total cost, atau jumlah total dari suatu unit yang diukur. Karena alasan-alasan tersebut disusun dalam urutan yang menurun, maka fungsi kumulatifnya adalah fungsi concave atau parabolik cekung. Jika melihat contoh yang ada pada gambar, untuk mengurangi jumlah dari arriving yang terlambat sebanyak 80%, maka kita cukup menyelesaikan tiga masalah pertama.

Tujuan dari pareto chart adalah untuk memperjelas faktor yang paling penting (atau yang paling besar) dari beberapa faktor yang ada. Dalam quality control, hal ini sering kali merepresentasikan sumber defect yang paling sering ditemui, jenis defect yang paling sering muncul, ataupun alasan-alasan yang paling sering muncul saat terdapat complain dari konsumen, dan banyak lagi hal lain yang sejenis. Wilkinson pada tahun 2006 merancang sebuah algoritma untuk memproduksi batas yang masih dapat ditolerasi (acceptable limit) berdasarkan ilmu statistik untuk masing-masing balok pada Pareto chart. Hal ini memiliki kesamaan juga dengna confidence interval.

Pareto chart dapat dibuat dengan program spreadsheet sederhana seperti OpenOffice Calc, Microsoft Excel, dan software tool yang khusus untuk statistik yang bekerja sebaik onile quality chart generator. Pareto chart juga termasuk ke dalam tujuh tools dasar dari quality control.

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

There Are 2 Comments On This Article.

  1. Penjelasan yang sederhana dan mudah dimengerti bagi saya yang sedang ingin mengetahui prinsip pareto chart
    Kalau untuk pembuatan dengan bahasa pemrograman yang spesifik seperti PHP bisa tidak?
    Terimakasih.

  2. Untuk pemahan yang masih awam/pemula,
    sebenarnya untuk chart pareto analysis itu selain bisa di buat di microsof excel, apakah ada cara lain/aplikasi pareto untuk lebih mudah mengaplikasikanya.
    trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>