Peran Sponsor dalam Six Sigma

- - Belt, Lean Six Sigma

Bagian terpenting dalam sebuah perjalanan proyek six sigma terletak di C, Control. Fase inilah yang menentukan apakah proyek tersebut benar-benar memberikan dampak yang signifikan secara jangka panjang, atau hanya menjadi headline of the day.

Di sini peran seorang penjaga, atau sponsor.  Sponsor bertugas sebagai pengawas. Tanggung jawab yang menuntut adanya keseimbangan yang baik, yaitu ketika membiarkan tim membuat keputusan mereka sendiri tetapi juga memberikan petunjuk mengenai arah usaha yang dilakukan. Secara umum tugas sponsor adalah:

  • Mengatur dan memelihara tujuan-tujuan untuk proyek-proyek perbaikan yang berada dalam otoritas dia. Termasuk memberikan dasar pemikiran proyek
  • Melatih atau menyetujui perubahan-perubahan dalam arah atau ruang lingkup sebuah proyek jika diperlukan. Kesalahan yang umum terjadi pada sebuah tim adalah meminta peninjauan kembali atas asumsi dan ruang lingkup proyek pada saat gate review. Mereka takut atau sungkan untuk memintanya pada manajemen. Di sini peran seorang sponsor diperlukan untuk membantu tim menyesuaikan arah yang benar
  • Mencari dan menegosiasikan sumber-sumber daya yang dibutuhkan oleh tim dalam menjalankan proyek. Dua kendala terbesar dari inisiatif perbaikan adalah manusia dan biaya. Salah satu anggota tim yang dipilih umumnya adalah orang yang paham dengan proses. Seorang sponsor bertugas membantu Champion dan Black Belt untuk mengidentifikasi salah satu anggota tim yang paham proses ini.
  • Memberikan nasihat atau saran untuk tim. Karena sponsor memiliki kemampuan teknis mengenai apa yang berlaku di deparemen/ divisi yang dia pimpin/ kenali
  • Membantu mencegah isu-isu dan tumpang tindih yang muncul antara tim dengan orang-orang di luar tim
  • Memastikan proses serah terima berjalan mulus pada akhir proyek.
  • Menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari proyek perbaikan pada tk tugas-tugas manajemen sehari-hari
  • Sponsor bertaggung jawab untuk menjaga hasil dari proyek

Pada umumnya Sponsor adalah pemilik proses dimana inisiatif perbaikan ini dijalankan. Seorang sponsor paham betul tentang proses yang berlaku saat ini. Kemampuan inilah yang harus mampu dimanfaatkan oleh pemimpin proyek (Green/ Black Belt).

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *