Sekilas Mengenai Histogram

- - Analyze

Dalam ilmu statistik, histogram adalah sebuah representasi grafik yang menampilkan impresi visual dari distribusi data. Histogram adalah sebuah estimasi distribusi probabilitas dari variabel kontinyu dan pertama kali diperkenalkan oleh seorang ahli bernama Karl Pearson. Histogram terdiri dari frekuensi tabular, ditunjukan sebagai balok yang berdekatan, didirikan sepanjang interval yang berlainan, dengan luas yang sama dengan frekuensi dari observasi di dalam interval. Tinggi dari balok juga sama dengan densitas frekuensi dari intervalyaitu frekuensi yang dibagi oleh lebar dari interval. Keseluruhan luas atau area dari histogram sama dengan jumlah data yang ada. histogram juga dapat dinormalisasi dalam menampilkan frekuensi relative. Hal ini kemudian menunjukkan proporsi dari beberapa case yang jatuh pada masing-msaing kategori, dengan luas total yang sama dengan 1. Kategori-kategori ini biasanya dispesifikasi secara berurutan, tidak ada overlapping interval pada setiap variabel. Kategori (interval) harus terletak secara berdampingan, dan sering kali dipilih dalam bentuk yang memiliki ukuran yang sama.

Histogram digunakan untuk mem-plot densitas dari data dan sering digunakan untuk melakukan estimasi densitas: mengestiasikan probability density function dari variabel pokok. Luas area dari histogram yang digunakan untuk probability density selalu dinormalisasikan menjadi 1. Jika jarak dari interval pada sumbu x semuanya berada pada nilai 1, maka histogram tersebut identik dengan plot relative frecuency.

Alternatif lainnya dari histogram adalah kernel density estimation, yang menggunakan sebuah kernel untuk melancarkan sampel-sampel yang ada. Hal ini akan membangun fungsi probability density yang smooth, yang pada umumnya akan lebih merefleksikan variabel pokok yang ada secara akurat.

Seperti halnya check sheet yang telah dibahas pada artikel lain di situs ini, histogram merupakan salah satu dari tujuh tools dasar dari quality control.

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *