Taguchi Loss Function

- - Analyze, Improve, Lean Six Sigma

Definisi yang cukup sederhana dari Taguchi Loss Function ini adalah sebuah cara untuk menunjukkan bagaimana masing-masing bagian yang tidak sempurna bekerja. Hasil dari Taguchi Loss Function ini merepresentasikan rugi-rugi yang dialami oleh perusahaan. Sedangkan definisi teknik dari Taguchi Loss function adalah sebuah representasi parabolic yang mengestimasikan quality loss, diekspresikan secara moneter, yang dihasilkan ketika karakteristik kualitas menyimpang dari target value. Cost dari penyimpangan ini meningkat secara eksponensial sebanding dengan menjauhnya karakteristik dari target value.

Anda dapat memahami Taguchi Loss Method dengan melihat grafik berikut ini :

Representasi standard dari fungsi kerugian ini mendemonstrasikan beberapa atribut kunci yang berpengaruh terhadap kerugian. Sebagai contoh, jika target value dan bagian bawah dari parabola bersilangan maka hal tersebut menggambarkan terjadinya proses produksi yang tepat mencapai nominal value dengan sedikit atau tanpa kerugian. Kerugian dapat diukur per bagian. Mengukur kerugian memerlukan sebuah fokus dalam mencapai variasi yang lebih sedikit. Perlu Anda pahami bahwa variasi kecil pun akan berdampak pada hasil akhir. Kecenderungan yang timbul adalah Anda harus berusaha dan menjaga agar produk dan proses berjalan dengan cara yang paling mendekati nominal value. Hal inilah yang menjadi inti dari Taguchi Loss Function, kita akan dan harus fokus untuk selalu melakukan peningkatan secara berkelanjutan.

Apllikasi

Perusahaan manufaktur yang membutuhkan mesin dalam jumlah besar telah cukup lelah dengan adanya cost yang tinggi untuk masalah tools. Untuk mencegah replacement tools yang mahal dalam waktu singkat, para manager mensugestikan agar operator mengatur mesinnya untuk bekerja dalam waktu yang tak terbatas. Sebagai akibat dari pengabaian tools, maka produk akan berakhir tidak dalam kualitas terbaiknya. Mesin mungkin akan mampu menghasilkan produk dalam jangka waktu yang lama, namun keberadaan produk hasil dari mesin tersebut tidak akan lama.

Variasi dari part yang diproduksi oleh mesin menurut mereka akan menjadi jauh lebih baik jika digunakan suatu strategi yang melibatkan spesifikasi keseluruhan daripada memproduksi part yang paling tinggi kualitasnya. Produk yang dihasilkan mungkin akan kalah dari segi spesifikasi, memiliki nominal (jumlah) yang banyak. Beberapa dari “good parts” mungkin tidak tersusun dengan baik sehingga membutuhkan recall atau mungkin saja kembali dari proses garansi. Taguchi Loss akan sangat tinggi.

Beberapa hal yang harus kita pertanyakan adalah, apakah cost yang dikurangi dengan tidak menambahkan tools sebanding dengan keuntungan yang didapat dari produk yang kurang baik? Dan kita juga perlu mempertimbangkan terlebih dahulu mengenai hal apa yang sebaiknya dilakukan, mengganti tools dua kali lipat dari biasanya, mengurangi variasi, atau memperhatikan incoming part quality?

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *