Lean Six Sigma – Combining Six Sigma Quality with Lean Production Speed

Waktu dan kualitas adalah dua metrik terpenting dalam meningkatkan kinerja dan keuntungan setiap perusahaan, Lean Six Sigma menjelaskan bagaimana meningkatkan kinerja perusahaan Anda dengan menggabungkan dua inisiatif paling penting – Lean dan Six Sigma – ke dalam satu program yang terintegrasi. Buku yang ditulis Michael George ini adalah buku yang pertama kalinya memberikan roadmap untuk mendapatkan manfaat dari Lean dan Six Sigma.

Lean Six Sigma Book Reference

Buku ini menunjukkan bagaimana untuk:

  1. Mengurangi biaya dan waktu proses secara signifikan
  2. Menurunkan waktu siklus order-to-delivery
  3. Eliminasi variasi proses dan waste di organisasi

Secara terpisah, Lean dan Six Sigma telah mengubah wajah bisnis baik manufaktur maupun jasa. Dengan menggunakannya secara terintegrasi, keduanya menjadi strategi yang mampu meningkatkan kualitas produk dan proses, efisiensi produksi, dan profitabilitas. Buku ini menunjukkan bagaimana metode Lean dan Six Sigma saling melengkapi dan saling memperkuat.

Di dalam penjelasannya, George juga memberikan roadmap yang rinci, sehingga pembaca dapat menggunakan strategi ini di dalam implemetasi continuous improvement.

The Lean Six Sigma Value Proposition

Bagian awal dari buku ini menjelaskan bagaimana mengkombinasikan Lean dan Six Sigma menciptakan sebuah potensi yang sangat besar dalam meningkatkan value atau nilai bagi shareholder. Di bagian ini, George menjelaskan terlebih dahulu tentang Six Sigma kemudian Lean dan ia mengakhiri bagian ini dengan bagaimana perusahaan dapat menciptakan competitive advantage dengan Lean Six Sigma. Dijelaskan pula oleh George, pada akhirnya perusahaan yang memulai dengan Lean akan kemudian menggunakan Six Sigma, begitupun sebaliknya. Bahkan ada beberapa kerugian jika perusahaan tidak menjalankan keduanya sekaligus secara terintegrasi, yaitu ada kemungkinan perusahaan harus re-invent sebuah tool atau langkah yang ada di dalam strategi yang tidak sedang dijalankannya.

The Lean Six Sigma Implementation Process

Bagian ini menjelaskan langkah-langkah implementasi Lean Six Sigma agar setiap organisasi dapat menjalankannya secara mulus. Juga dibahas di dalam bagian ini bagaimana integrasi dari tools (alat-alat) yang ada di Lean dan Six Sigma. Bagian paling menarik tentunya adalah saat George menjelaskan Infrastructure dan Deployment Planning. Kemudian George juga membahas langkah DMAIC berikut beberapa tools utama yang sering dipakai. DMAIC adalah singkatan dari Define – Measure – Analyze – Improve – Control yang memang sudah lama ada di dalam Six Sigma. Perbedaan utamanya setelah integrasi dengan Lean adalah tools yang ada di dalam tiap fase tersebut.

Leveraging Lean Six Sigma

Bagian ini menjelaskan strategi untuk secara agresif diterapkan secara menyeluruh di organisasi. Di bagian ini, George mengupas Lean Logistic hingga Design for Lean Six Sigma.

Buku ini adalah bacaan wajib mereka yang terlibat di dalam Lean Six Sigma, baik level manajemen sebelum memutuskan apakah ingin mengimplementasikan Lean Six Sigma atau tidak, juga wajib dibaca oleh Master Black Belt dan Black Belt untuk mengingatkan kembali akan Deployment Planning, hingga Green Belt yang ingin memahami strategi ini lebih dari sekedar tools dan projects Lean Six Sigma.

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *