Pelatihan Six Sigma

Pelatihan Six Sigma umumnya berlangsung 1 sampai dengan 20 hari. Ya, jumlah yang kadang terasa sangat banyak. Variasi jumlah hari dalam pelatihan six sigma ini sangat tergantung dari judul pelatihan. Pada umumnya, terdapat pelatihan introduction atau awareness, kemudian sponsor dan champion, green belt dan black belt.

Ada memang perusahaan yang kemudian membuat nama baru untuk pelatihan six sigma mereka misalnya dengan nama yellow belt atau white belt, tetapi biasanya pelatihan ini identik dengan awareness atau introduction, hanya saja modulnya  akan lebih banyak dari 1-Day atau 2-Day Lean Six Sigma Awareness training.

Pelatihan Six Sigma Green Belt

Pelatihan ini adalah pelatihan six sigma yang paling populer karena setelah pelatihan ini umumnya mereka yang telah selesai mengikuti pelatihan ini memiliki kemampuan untuk menyelesaikan sebuah proyek DMAIC skala “kecil”. Catatan: definisi “kecil” tentu akan berbeda sesuai kompleksitas organisasi.

Six Sigma Green Belt Training atau Pelatihan Six Sigma di Indonesia

Umumnya pelatihan six sigma green belt ini di Indonesia berdurasi 6 sampai 10 hari, tergantung modul atau kurikulum yang disepakati. Dalam pengalaman kami, 6-8 hari adalah durasi yang cukup.

Pelatihan Six Sigma Black Belt

Pelatihan ini adalah pelatihan six sigma advance karena setelah pelatihan ini umumnya mereka yang telah selesai mengikuti pelatihan ini memiliki kemampuan untuk menyelesaikan sebuah proyek DMAIC cross-functional dan memiliki skill yang lebih tinggi. Di banyak organisasi, Black Belt umumnya diminta untuk memimpin project yang di dalamnya terdiri dari beberapa Green Belt untuk membantu mereka. Ada pula Black Belt yang diminta untuk menjadi coach bagi Green Belt.

Six Sigma Black Belt Training atau Pelatihan Black Belt di Indonesia

Umumnya pelatihan six sigma black belt ini di Indonesia berdurasi 10 sampai 20 hari, tergantung modul atau kurikulum yang disepakati. Dalam pengalaman kami, 12-16 hari adalah durasi yang cukup. Mereka akan mempelajari tidak hanya tools, tetapi soft skill dan project management yang lebih advance.

Pelatihan Introduction to Six Sigma

Pelatihan Six Sigma ini adalah pelatihan untuk membuka wawasan mengenai Six Sigma dan juga untuk memberi pemahaman awal apa itu Six Sigma atau Lean Six Sigma.

Pelatihan Six Sigma Champion dan Sponsor

Pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan dan skill kepada para champion dan sponsor. Pelatihan ini sangat penting dalam membentuk infrastruktur yang kuat dan sustainable di organisasi. Dan, perlu diingat, Sponsor lah yang own the result, mereka lah yang nantinya menggerakkan implementasi dari sebuah solusi.

Itulah beberapa jenis pelatihan six sigma yang umum ada.

Opt In Image
FREE E-book!
Cerita Pendek dan Case Problem Solving

Jika Anda bosan dengan penjelasan problem solving yang penuh teori, Anda dapat mencicipi ebook sederhana yang penuh cerita seru. FREE. Buku ini memberikan penjelasan problem solving yang ringan tetapi tepat sasaran. Lengkapnya.

There Are 2 Comments On This Article.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *